Blog Kumpulan aneka Resep Indonesia dan cara membuat masakan dengan bahan praktis sedap dalam sekejap mudah, enak.

Cari Resep Yang Anda Mau

Senin, 09 Mei 2016

Resep dan Cara Membuat Martabak Khas Aceh Mudah

Resep dan Cara Membuat Martabak Khas Aceh Mudah , sebelumnya tau Martabak Khas Aceh? adalah dimana martabak pada umumnya martabak disini bukan martabak masih ya , melainkan martabak telur karna aceh itu lebih ke ke makanan timur timur jadi martabak martabak khas aceh disini dimana adonan didalamnya seperti isian telur , bawang , udang dsb.
Nah kali ini resep umi mau bagiin bagaimana sih cara membuat Martabak Khas Aceh. tertarik ? langsung aja. Oh iya sebelumnya resep umi punya juga lho Resep Gulai Itik Khas Aceh dan Resep Sego Kucing
Resep dan Cara Membuat Martabak Khas Aceh Mudah ini sangat praktis, dan sangat mudah sekali. Martabak Khas Aceh ini akan sangat pas disajikan saat kumpul keluarga dirumah atau saranak keluarga yang lain yang berkunjung kerumah.



Resep dan Cara Membuat Martabak Khas Aceh Mudah
Martabak Khas Aceh



Bahan adonan telurnya : 
Martabak Khas Aceh
  1. 3 sdm minyak goreng (untuk tumisan).
  2. 1 siung bawang bombay (iris-iris tipis).
  3. 2 siung bawang putih (cacah halus).
  4. 2 batang seledri (iris-iris tipis).
  5. 2 batang bawang daun (iris-iris tipis).
  6. 200 gram udang kecil (potong kecil).
  7. 200 gram dada ayam yang telah direbus (suir-suir).
  8. 1 sdt garam halus.
  9. 8 butir telur ayam.
  10. Bahan untuk adonan kulitnya :
  11. 400 gram tepung terigu.
  12. 175 ml air matang.
  13. 50 gram margarine.
  14. 1 sdt garam halus.
  15. 2 butir telur ayam.
  16. Bahan pelengkap :
  17. Acar timun.
  18. kuah kari daging.

Cara membuatnya :
  • Untuk membuat adonan telurnya : Mula-mula hangatkan minyak goreng lalu tumis bawang putih serta bawang bombay hingga wangi. Tambahkan juga kedalamnya udang, suiran daging ayam serta garam kemudian masak kembali hingga benar-benar matang lalu angkat.
  • Setelah itu pecahkan semua telur dalam suatu wadah lalu kocok telur bersama dengan tumisan hingga tercampur rata lalu sisihkan.
  • Untuk membuat adonan kulitnya : Aduk tepung terigu bersama dengan margarine dan garam halus lalu aduk adonan tersebut hingga seperti berpasir. Setelah itu pecahkan 2 butir telur kedalamnya lalu aduk rata, kemudian tambahkan air matang secara perlahan sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis.
  • Selanjutnya ambil adonan kulit kira-kira 75 gram kemudian bentuk bulat. Lakukan langkah ini hingga adoanan kulit habis setelah itu rendam adonan dalam minyak sayur dan tutupi dengan menggunakan kain serbet kurang lebih 1 jam.
  • Setelah itu, ambil 1 adonan kulit lalu tipiskan kiraq-kira setebal ½ cm dengan diameter sekitar 15-20 cm.
  • Kemudian hangatkan minyak goreng secukupnya diatas wajan pipih lalu goreng adonan kulit tadi hingga matang dengan warna agak kecoklat-coklatan lalu angkat dan sisihkan. (Ulangi lagi tahap memipihkan serta menggoreng adonan kulit ini sampai semua adonan kulit habis).
  • Panaskan kembali minyak goreng secukupnya kemudian masukkan 1/3 dari adonan telur lalu pipihkan dan ratakan sampai kira-kira selebar wajannya.
  • Ketika adonan telur yang digoreng tadi sudak mulai memadat, taruh 1 buah kulit yang telah goreng tadi di bagian tengahnya lalu lipat sisi-sisi telur sampai menutupi semua adonan kulit gorengnya. Goreng hingga kesemua sisi telur matang lalu angkat. (Lakukan langkah-langkah ini sampai adonan telurnya habis).
  • Terakhir, sajikan martabak aceh ini bersama dengan kuah kari daging dan acar timun agar rasanya lebih lezat.

Previous
Next Post »

Posting Komentar